Home | Serba serbi | Beberapa Tips Yang Bisa Bikin Liburan Kamu Jadi Lebih Hemat

Beberapa Tips Yang Bisa Bikin Liburan Kamu Jadi Lebih Hemat

Berlibur memang bukan kebutuhan primer, namun liburan banyak memberi manfaat baik bagi kesehatan tubuh terutama pikiran. Akan tetapi banyaknya biaya yang harus dikeluarkan terkadang membuat seseorang mengurungkan niatnya. Alhasil, rencana liburan pun kini tinggal rencana.

Nah, kalau kamu pernah mengalami dilema seperti itu, jangan galau, karena berikut ini ada 7 tips liburan yang dapat membuat dompet kamu‘sehat’. Apa saja ya? Yuk simak!

Rencanakan Perjalanan

Ketika akan berwisata, mulailah dengan membuat rencana perjalanan. Di mana kamu akan berlibur nantinya. Tentu saja, rencana perjalanan ini harus disesuaikan dengan bujet yang dimiliki.

Berlibur ke luar negeri tentu membutuhkan dana yang lebih mahal daripada berlibur di dalam negeri. Dan, berlibur di lokasi yang dekat, tentu lebih hemat ongkos perjalan dibandingkan lokasi jauh. Perhatikan pula biaya hidup di tempat tujuan wisata yang dikunjungi. Biaya hidup di Bali tentu lebih mahal ketimbang Yogyakarta.

Tentukan Destinasi Pariwisata

Setelah menentukan lokasi wisata, saatnya menentukan tempat yang akan dikunjungi. Riset lebih dahulu berapa harga tiket masuk tujuan wisata. Jika ingin hemat, kamu bisa mengunjungi pantai atau taman yang terkadang tidak membutuhkan biaya alias gratis.

Salah satu daerah wisata yang terkenal dengan keunikan tamannya ialah Kota Bandung. Di Bandung kamu bisa mengunjungi taman fotografi, taman jomblo, taman skate board, atau taman super hero. Unik, kan?

Makan dan Minum

Nah, ini dia yang kerap menjadi pemicu kantong jebol saat liburan. Memang harus diakui pariwisata tidak bisa lepas dari kuliner, terlebih kuliner yang menjadi ciri khas suatu daerah. Akan tetapi, tekankan pada bujet yang kamu miliki.

Tentukan mana saja kuliner yang kamu akan kunjungi. Sisanya, bisa menghemat pengeluaran dengan membawa perbekalan atau makanan kering dari rumah. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membawa botol minuman atau membeli air mineral di minimarket yang harganya sudah pasti.

Transportasi

Pilihan transportasi ternyata dapat memengaruhi biaya pengeluaran kamu. Menggunakan pesawat tentu lebih mahal daripada kereta apalagi bus. Dan, hindari menggunakan taksi saat berlibur. Pilihlah transportasi massal yang memiliki harga lebih hemat.

Pelajari Bahasa Lokal

Menguasai bahasa lokal terkadang memberi keuntungan ketika berlibur apalagi saat melakukan transaksi jual-beli. Terkadang Anda bisa memperoleh harga lebih murah saat menggunakan bahasa lokal.

Hindari Musim Liburan

Saat musim liburan harga tiket wisata akan terkatrol naik. Biaya transportasi, penginapan, dan biaya hidup di sana pun umumnya ikutan naik. Jadi, jika kamu ingin liburan hemat, sebisa mungkin hindari berlibur saat musim liburan. Memanfaatkan ‘hari kejepit’ terkadang menjadi salah satu pilihan bijak untuk menyiasati ini.

Cari Penginapan yang Murah tapi Nyaman

Tips terakhir ialah memilih penginapan yang murahdi Bandung. Dewasa ini kita banyak terbantu dengan kehadiran layanan pemesanan hotel secara online.

Dengan layanan ini, kamu bisa terhindari dari kenaikan harga yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, kamu bisa membandingkan harga yang satu dengan harga yang lain dari masing-masing penyedia hotel.

 

Facebook Comments
casino online terpercaya

About Admin

Check Also

Pernyataan Saksi Lihat Darah Ella yang Tewas Penuh Luka Tusuk

LampuMerah – Pernyataan Saksi Lihat Darah Ella yang Tewas Penuh Luka Tusuk – Deni Irawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *