Home | Lifestyle | Teknologi | Baterai Elastis Untuk Gadget dan Smartphone

Baterai Elastis Untuk Gadget dan Smartphone

baterai elastis

Baterai elastis yang bisa ditekuk dan dipelintir sedang dikembangkan oleh Panasonic, mereka berharap suatu hari nanti baterai ini dapat digunakan untuk smartphone dan gadget / perangkat lain yang biasa dikenakan oleh manusia.

Walaupun masih dalam tahap awal pengembangan, baterai ini sudah melalui uji coba ketahanan dengan cara dipelintir, ditekuk, dan berbagai cara lain yang mungkin dapat merubah bentuknya saat mempertahankan kemampuannya untuk melakukan pengisian daya. Sebaliknya, baterai yang biasa digunakan di smartphone akan berkurang kemampuannya jika telah berubah bentuk dan memperpendek jangka waktu penggunaan baterai tersebut.

Baterai elastis ini diluncurkan awal bulan Oktober ini di pameran teknologi CEATEC yang berlangsung pada tanggal 4 – 7 Oktober di Jepang. Baterai lithium ion dapat menjadi sangat berbahaya jika mengalami malfungsi, seperti yang terjadi pada Samsung Galaxy Note 7 dimana baterai mengalami overheat dan meledak. Baterai yang rusak / cacat bisa terbakar jika di charge secara berlebihan, karena lithium ion dapat terkumpul di satu titik dan disimpan sebagai lithium logam. Jika ini terjadi, panas yang dihasilkan dari proses overcharge akan menghasilkan gelembung oksigen dan jika bergabung dengan lithium logam maka akan meledak.

Baterai elastis dari Panasonic ini menggunakan lapisan luar yang baru dikembangkan dan struktur bagian dalam yang diklaim tidak  akan bocor dan mengalami overheat. Tebal baterai elastis ini hanya 0.55 mm dan dapat ditekuk sampai jari-jari kelengkungan 25 mm serta dipelintir sampai sudut 25 derajat. Panasonic mengatakan bahwa kapasitas baterai ini masih kecil, mereka dapat melakukan pengisian daya antara 17.5 mAh (terkecil) sampai 60 mAh (terbesar). Untuk perbandingan iphone 7 menggunakan baterai 1.960 mAh, sehingga pengembangan lebih lanjut diperlukan agar baterai ini bisa digunakan untuk smartphone.

Walaupun contoh baterai ini sudah dipamerkan dan pengiriman sampel sudah dijadwalkan, Panasonic mengatakan masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut sampai baterai elastis ini benar-benar siap untuk diproduksi secara massal.

 

Facebook Comments
casino online terpercaya

About Lampu Merah

Check Also

Karena Gelombang Panas Yang Melanda, Arab Saudi Bikin AC Payung Raksasa Untuk Jamaah

Tahun ini gelombang panas atau heatwave melanda sejumlah negara termasuk melanda Arab Saudi. Hal ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *