Home | Olah Raga | Teknologi Baru Virtual Dashboard Untuk Moto GP

Teknologi Baru Virtual Dashboard Untuk Moto GP

Teknologi baru berupa virtual dashboard akan mulai diuji coba di Moto GP Jepang yang akan berlangsung tanggal 16 Oktober 2016 besok di sirkuit Twin Ring Motegi.

virtual dashboard lampu-merah.com

Semua pembalap akan mulai mencoba menggunakan virtual dashboard atau alat komunikasi pembalap dengan tim di paddock, dimana nantinya kru di kokpit bisa mengirimkan pesan singkat yang bakal muncul di dasbor motor. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh direktur balap MotoGP, Mike Webb.

“Percobaan penggunaan alat ini sebelum tahun ini berakhir. Namun tentunya tidak dipakai untuk seluruh kelas di MotoGP. Ini proyek musim dingin yang harus dicoba jelang akhir tahun sehingga kami tahu apakah ini tepat atau tidak,” kata Webb.

rossi vs marquez lampu-merah.com

Valentino Rossi merupakan pembalap pertama yang menyuarakan dukungannya terhadap penggunaan dasbor virtual ini, “ini bagus, saya suka. Terutama ketika bendera muncul karena dapat membantu. Teknologi ini juga dapat dijadikan sebagai keselamatan pembalap. Diibaratkan, jika Anda dihadapkan dengan kecelakaan, melihat bendera, mengalami masalah mesin, dan kondisi lintasan licin. Maka dengan adanya wacana ini maka lebih mudah untuk mengirimkan pesan ke tim melalui teknologi dasbor,” cetus Rossi, saat itu.

Rossi memang dikenal sebagai salah satu pembalap yang doyan menyuarakan kritikan terkait keselamatan pembalap. Terakhir, telinga pejabat Dorna Sports pernah dibuat panas lantaran kritikan pedas terkait kematian pembalap Moto2, Luis Salom, Juni lalu.

Juara dunia sembilan kali itu menilai keamanan untuk pembalap tidak akan pernah terjamin seratus persen. Karenanya ketika muncul wacana tentang teknologi ini Rossi menyambut baik rencana tersebut.

“Ada beberapa pesan yang sangat penting untuk meningkatkan keselamatan pembalap. Jika pembalap mengalami kecelakaan di depan anda, race marshall (pengawas balapan) terkadang lambat bereaksi. Sehingga dengan adanya teknologi ini dan pesan dapat dikirim dengan cepat, maka sangat membantu,” kata Rossi.

Namun untuk saat ini, pesan singkat yang bisa dikirim kru hanya terbatas pada peringatan soal adanya bendera merah atau hitam. Atau bisa pula pesan jika seorang pembalap harus menjalani sanksi membalap dari pitstop (ride through penalty), juga informasi penting terkait instruksi masuk pit atau pemilihan ban yang dilakukan rival.

Ditambahkan, virtual dashboard sejatinya sudah siap digunakan. Asosiasi tim MotoGP (IRTA) tinggal menunggu kesepakatan para tim untuk menggunakan kata apa saja yang akan terpampang di teknologi anyar tersebut.

Webb juga menyebut, Komite IRTA telah meminta semua tim untuk mengusulkan pesan apa saja yang ingin digunakan.

“Ini berjalan lancar. Dalam poin ini, teknologi sudah siap digunakan. Juga dengan beberapa syarat yang kami minta ke pabrikan dashboard, setelah kami meminta waktu apa saja yang kami inginkan, tapi secara teknis ini sudah siap,” ujar Webb.

 

Facebook Comments
casino online terpercaya

About Lampu Merah

Check Also

Kesabaran Inggris Mengalahkan Tunisia

LampuMerah – Kesabaran Inggris Mengalahkan Tunisia – Volgograd – Timnas Inggris harus menunggu sampai menit akhir untuk menekuk Tunisia 2-1 pada laga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *