Home | Lifestyle | Kuliner | 8 Makanan Enak Dan Murah di Semarang

8 Makanan Enak Dan Murah di Semarang

Semarang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia yang memiliki banyak makanan enak dan murah. Kota yang berdiri sejak tanggal 2 Mei 1547 ini merupakan salah satu kota perdagangan terbesar di pesisir utara pulau Jawa, yang ramai dikunjungi oleh para pedagang dari negara lain sejak jaman dulu. Di kota ini anda akan merasakan sentuhan harmonisasi budaya Jawa, bersama budaya Cina, Arab, dan Belanda. Sajian kuliner di kota Semarang didominasi oleh masakan Jawa dan Cina peranakan (tionghoa), dimana bumbu yang digunakan merupakan perpaduan antara rempah-rempah asli Indonesia dan rempah-rempah dari Cina sehingga menghasilkan cita rasa yang unik.

Semarang dan sekitarnya memang merupakan salah satu gudangnya kuliner enak dan murah, sehingga banyak wisatawan yang datang ke kota ini hanya untuk sekedar mencicipi berbagai macam makanan yang ada disini. Nah, bagi kalian yang ingin mengunjungi Semarang, kami telah menyiapkan info kuliner yang recommended. Yang pasti rasanya enak, dan harganya pun murah.

1. Nasi Ayam Semarang

nasi ayam lampu-merah.com

Nasi ayam ini mirip dengan nasi liwet dari Solo, sajiannya terdiri dari nasi putih yang terasa gurih karena dimasak dengan santan, suwiran daging ayam, tahu putih dan tahu bacem, telur bacem, sambal gorang labu siam dan krecek lalu disiram dengan kuah santan. Untuk lauk pelengkap tambahan ada juga disediakan sate usus, sate jeroan, sate telur putuh, kerupuk ikan atau kerupuk terung, dan lain-lain. Warung nasi ayam ini tersebar di seantero Semarang dan harganya pun cukup murah, hanya dengan rp 10.000 – rp 15.000 anda sudah bisa merasakan nikmatnya kuliner yang satu ini.

2. Mangut Belut

mangut welut lampu-merah.com

Mangut belut ini merupakan variasi dari masakan mangut yang biasanya menggunakan ikan pari, bagi anda penggemar makanan pedas wajib mencoba kuliner yang satu ini. Warung mangut belut yang paling terkenal di Semarang adalah warung Bu Nasima, yang terletak di jalan Menoreh raya no 10 Sampangan Semarang. Selain mangut belut, warung ini juga menyediakan berbagai macam masakan rumahan lainnya tapi yang menjadi primadona adalah mangut belut. Anda cukup menyediakan rp 10.000 – rp 15.000 untuk dapat menyantap mangut belut ini.

3. Nasi Kucing Pak Gik

nasi kucing lampu-merah.com

Bagi anda yang doyan begadang dan kelaparan saat tengah malam, silakan langsung datang ke warung nasi kucing Pak Gik yang merupakan ikonnya nasi kucing Semarang. Warung ini terletak di jalan Wotgandul, tepatnya di pinggir kali Semarang dan buka mulai jam 24.00 wib – habis. Menu yang disediakan seperti angkringan lain pada umumnya, namun yang membedakan disini adalah rasa minuman teh hangat nya yang benar-benar enak. Banyak anak muda sepulang dugem mampir kesini hanya untuk sekedar minum teh hangat dan ngemil makanan kecil yang disediakan disini seperti tempe mendoan, pangsit goreng, tahu petis, lumpia goreng, sate bakso, tahu goreng, dan lain-lain. Cukup bawa uang rp 10.000 – rp 15.000 anda dijamin kenyang dan puas.

4. Gudeg Koyor Mbak Tum

gudeg mbak tum lampu-merah.com

Jika anda penggemar gudeg Yogya, wajib mencoba nasi gudeg koyor Mbak Tum. Warung yang terletak di jalan MT Haryono ini buka mulai sore hari hingga tengah malam dan selalu ramai setiap harinya. Makanan yang disediakan antara lain nasi gudeg, opor ayam, ayam goreng, lontong opor, babat goreng, dan koyor. Nah, yang paling juara disini adalah nasi gudeg koyor ditambah sambal pedas. Harga nasi gudeg disini berkisar antara rp 15.000 – rp 20.000, tidak mahal bukan?

5. Nasi Pecel Yu Surip

nasi pecel lampu-merah.com

Warung nasi pecel yang terletak di depan radio Gajahmada fm jalan MT Haryono Semarang ini terkenal karena harganya yang murah, porsinya yang jumbo, dan sambal kacangnya yang lezat. Beragam lauk disediakan untuk menemani nasi pecel ini, sate keong, sate telur puyuh, perkedel, rempeyek kacang atau teri, kerupuk, tempe atau tahu bacem, telur dadar atau ceplok, dan lain-lain membuat sajian yang satu ini semakin nikmat. Warung yang buka dari jam 6 sore sampai tengah malam ini selalu ramai dijejali pengunjung terutama pada jam pulang kerja dan jam makan malam. Untuk dapat menikmati makanan yang satu ini anda cukup menyediakan uang rp 10.000 dan dijamin anda akan merasa kenyang seharian.

6. Nasi Gulai Kambing Bustaman

nasi gulai lampu-merah.com

Warung nasi gulai kambing banyak ditemui di kota Semarang, ada juga yang menjajakannya dengan cara berkeliling menggunakan gerobak atau dipikul. Yang paling terkenal adalah nasi gulai kambing bustaman, yang bisa anda temui di jalan Pekojan, kawasan kota lama (belakang gereja Blendhuk), jalan Kartini, Jalan MT Haryono. Nasi gulai kambing bustaman ini memiliki ciri khas pada kuahnya dimana tidak menggunakan santan, tapi menggunakan bumbu serundeng (kelapa yang disangrai lalu ditumbuk), sehingga keluar minyaknya sebagai pengganti santan. Harga per porsi nasi gulai kambing ini berkisar antara rp 12.000 – rp 15.000, cuman bagi anda yang mempunyai hipertensi jangan makan nasi gulai ini banyak-banyak ya.

7. Soto Pak Bambang

soto semarang lampu-merah.com

Nah, kalau yang satu ini adalah makanan yang gampang dan banyak banget ditemukan dimana-mana. Salah satu warung soto ayam yang terkenal di Semarang adalah soto Pak Bambang, yang terletak di jalan Gang Warung Semarang. Dengan harga yang murah dan banyaknya pilihan lauk penunjang yang tersedia seperti sate daging ayam, sate kerang, sate telur puyuh, sate jeroan, tempe atau perkedel, telur kecap, dan lain-lain menjadikan soto Pak Bambang ini salah satu warung soto favorit warga Semarang. Cukup sediakan rp 15.000 anda sudah dapat menikmati seporsi soto yang nikmat lengkap dengan lauk lainnya dan minuman.

8. Tahu Gimbal Pak Edi

tahu gimbal lampu-merah.com

Tahu gimbal merupakan makanan khas dari Semarang dan gampang ditemui di seluruh penjuru kota. Tempat terbaik untuk menikmati tahu gimbal adalah di warung-warung kecil yang ada di pinggir jalan, salah satunya tahu gimbal Pak Edi yang terletak di jalan Pahlawan kawasan taman KB Semarang. Tahu Gimbal Pak Edy berisikan ketupat, tahu goreng yang dipotong dadu, irisan kol, dan tentunya gimbal udang atau bakwan udang yang sudah dipotong-potong. Bahan isian tersebut disiram dengan bumbu kacang-petis yang agak encer sehingga rasanya menjadi manis dan gurih. Cukup sediakan rp 10.000 – rp 15.000 anda sudah bisa menikmati tahu gimbal yang lezat dan pemandangan pusat kota Semarang di malam hari.

 

Facebook Comments
casino online terpercaya

About Lampu Merah

Check Also

WOW!! Restoran Pemenang “Michelin Star” Termurah di Dunia Hadir di Jakarta. Berapa Harga Menunya?

WOW!! Restoran Pemenang “Michelin Star” Termurah di Dunia Hadir di Jakarta. Berapa Harga Menunya?  LampuMerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *